By Dr Tony Setiobudi BMedSci, MBBS, MRCS, MMed (Ortho), FRCS (Ortho)

Carpal Tunnel Syndrome

Ibu Joyce, 51 tahun, mengeluh kesemutan di telapak tangan. Kesemutan ini tambah parah saat tidur. Akhir-akhir ini tangan merasa tidak kuat jika memegang sesuatu dan sering terjatuh.

Ini adalah keluhan dari saraf terjepit di pergelangan tangan atau Carpal Tunnel Syndrome. Penyebab masalah ini sebagian besar tidak diketahui. Saraf yang terjepit menyebabkan mati rasa atau kesemutan di telapak tangan. Karena mati rasa, pasien tidak dapat memegang benda dengan baik dan sering terjatuh.

Terkadang, masalah ini bisa sembuh sendiri. Tetapi jika tidak sembuh dalam jangka waktu lama, saraf yang terjepit ini akan rusak. Otot tangan jadi mengecil.

Masalah ini dapat ditangani dengan:

  1. Obat anti-radang dan suntik
  2. Operasi untuk membebaskan saraf yang terjepit

Operasi untuk Carpal Tunnel Syndrome adalah Carpal Tunnel Release. Operasi ini dapat dilakukan dengan bius lokal atau bius total. Pasien bisa langsung pulang pada hari operasi itu juga. Kesemutan atau mati rasa di tangan akan hilang secara perlahan-lahan setelah operasi.

 

Carpal Tunnel Syndrome

Dr Tony Setiobudi adalah spesialis bedah tulang dan super-spesialis bedah tulang belakang di Mount Elizabeth Hospital (Orchard), Singapore. Dr Tony menangani masalah tulang, sendi, saraf, otot dan ligamen pada orang dewasa dan anak. Dr Tony mempunyai keahlian khusus dalam penanganan saraf terjepit (HNP & spinal stenosis) & masalah tulang belakang seperti nyeri punggung & leher, scoliosis, postur bungkuk (kyphosis), tumor & infeksi tulang belakang, cedera saraf besar (spinal cord) & patah tulang osteoporosis.