By Dr Tony Setiobudi BMedSci, MBBS, MRCS, MMed (Ortho), FRCS (Ortho)

Congenital Club Foot | Talipes Equinovarus

Club Foot adalah kelainan congenital (terjadi di dalam kandungan) di mana kaki memutar ke dalam. Tendon yang menghubungkan otot ke tulang lebih pendek dari ukuran normal. Sering kali club foot terjadi di kedua kaki. Anak akan sulit berjalan dengan Club Foot.

Penanganan Club Foot dilakukan segera setelah bayi lahir. Club Foot sering kali dapat ditangani dengan Serial Casting (Ponseti Method) tanpa operasi. Kadang operasi dilakukan dikemudian hari jika tendon masih ketat.

Club Foot dideteksi waktu bayi lahir. Ini tanda-tanda dari Club Foot:

Karena bayi yang baru lahir memiliki tulang, sendi dan tendon yang flexible, penanganan Club Foot dimulai pada minggu pertama atau kedua setelah lahir.

2 cara penganganan Club Foot:

Ponseti Method
Ini adalah metode tanpa operasi dengan serial casting yang diganti seminggu sekali selama beberapa bulan. Pada akhir metode ini, operasi kecil untuk memanjangkan tendon (Achilles tendon) sering kali perlu dilakukan. Ponseti Method hanya dapat dilakukan untuk bayi yang berumur beberapa bulan.
Operasi
Operasi yang lebih besar perlu dilakukan jika penanganan dengan Ponseti Method tidak dapat menyembuhkan Club Foot. Operasi ini dilakukan jika Club Foot dibiarkan sampai bayi bertambah besar dan Ponseti Method tidak dapat lagi dilakukan.
Jika anda mempunyai pertanyaan tentang Club Foot anda bisa menghubungi Spring Hope Orthopaedic.
 Congenital Club Foot | Talipes Equinovarus
Dr Tony Setiobudi adalah spesialis bedah tulang dan super-spesialis bedah tulang belakang di Mount Elizabeth Hospital (Orchard), Singapore. Dr Tony menangani masalah tulang, sendi, saraf, otot dan ligamen pada orang dewasa dan anak. Dr Tony mempunyai keahlian khusus dalam penanganan saraf terjepit (HNP & spinal stenosis) & masalah tulang belakang seperti nyeri punggung & leher, scoliosis, postur bungkuk (kyphosis), tumor & infeksi tulang belakang, cedera saraf besar (spinal cord) & patah tulang osteoporosis.