By Dr Tony Setiobudi BMedSci, MBBS, MRCS, MMed (Ortho), FRCS (Ortho)

Fibromyalgia

Ibu Cindy, 52 tahun, mengeluh nyeri di leher, punggung, kaki, lengan dan dada. Dia juga mengalami pusing, sakit rahang dan diare. Nafsu makan dan konsentrasi juga berkurang. Badan terasa lelah tetapi sulit tidur.

Fibromyalgia adalah penyakit nyeri dan penat di seluruh tubuh sering kali diikuti oleh pusing, insomnia dan depresi. Pasien dengan fibromyalgia sangat sensitive dengan rasa nyeri. Rasa nyeri terasa berkali-kali lipat.

Penyebabnya sering kali tidak diketahui. Trauma fisik dan trauma psikologis bisa menyebabkan fibromyalgia.

Fibromyalgia jarang sekali bisa disembuhkan secara total. Tapi keluhannya bisa berkurang banyak dengan obat dan terapi untuk mengurangi stres seperti olahraga dan relaksasi.

Fibromyalgia adalah masalah kronis. Pasien perlu bersabar dalam menjalani pengobatan karena perubahan positif tidak bisa dirasakan secara cepat.

 

Fibromyalgia

Dr Tony Setiobudi adalah spesialis bedah tulang dan super-spesialis bedah tulang belakang di Mount Elizabeth Hospital (Orchard), Singapore. Dr Tony menangani masalah tulang, sendi, saraf, otot dan ligamen pada orang dewasa dan anak. Dr Tony mempunyai keahlian khusus dalam penanganan saraf terjepit (HNP & spinal stenosis) & masalah tulang belakang seperti nyeri punggung & leher, scoliosis, postur bungkuk (kyphosis), tumor & infeksi tulang belakang, cedera saraf besar (spinal cord) & patah tulang osteoporosis.