By Dr Tony Setiobudi BMedSci, MBBS, MRCS, MMed (Ortho), FRCS (Ortho)

HNP (Herniated Nucleus Pulposus)

Ibu, 36 tahun, mengangkat barang berat pada posisi membungkuk, tiba-tiba merasa sakit yang menjalar ke kaki kiri yang luar biasa. Kaki kiri juga terasa kesemutan dan mati rasa. Sakit di kaki bertambah saat berjalan.

Ini adalah kasus HNP (Herniated Nucleus Pulposus) atau slipped disc atau kecentit. HNP adalah masalah saraf terjepit di tulang belakang akibat jelly tulang belakang yang keluar. Sakit di kaki terjadi secara tiba-tiba dan sering kali parah. Pasien tidak bisa berjalan dengan nyaman. MRI scan perlu dilakukan untuk memastikan adanya HNP.

Ada kemungkinan sakit di kaki karena HNP ini bisa berkurang sendiri dengan obat saraf dalam waktu kurang dari 2 bulan. Jika sakitnya parah dan tidak membaik sejalan waktu, saraf yang terjepit perlu dibebaskan dengan operasi (microdiscectomy). Operasi ini mempunyai tingkat keberhasilan lebih dari 90%. Ini adalah operasi kecil. Pasien tinggal di rumah sakit semalam. 90% setelah operasi, sakit di kaki bisa hilang atau berkurang secara signifikan.

HNP (Herniated Nucleus Pulposus)

Dr Tony Setiobudi adalah spesialis bedah tulang dan super-spesialis bedah tulang belakang di Mount Elizabeth Hospital (Orchard), Singapore. Dr Tony menangani masalah tulang, sendi, saraf, otot dan ligamen pada orang dewasa dan anak. Dr Tony mempunyai keahlian khusus dalam penanganan saraf terjepit (HNP & spinal stenosis) & masalah tulang belakang seperti nyeri punggung & leher, scoliosis, postur bungkuk (kyphosis), tumor & infeksi tulang belakang, cedera saraf besar (spinal cord) & patah tulang osteoporosis.