By Dr Tony Setiobudi BMedSci, MBBS, MRCS, MMed (Ortho), FRCS (Ortho)

Putus Ligamen ACL di Lutut

James, 16 tahun, cedera lutut kanan saat bermain sepak bola. Terdengar suara “crack”. Lutut langsung bengkak. Dia tidak bisa berjalan karena nyeri. Bengkak dan nyeri lutut berkurang dalam waktu 2 minggu. James mencoba bermain sepak bola lagi. Lutut kanan terasa tidak stabil dan sering jatuh.

Ligamen ACL bisa putus saat terjadi cedera olah raga (sports injury). Lutut langsung bengkak dan nyeri. Jalan menjadi sulit. Setelah bengkak reda, nyeripun juga berkurang. Tetapi jalan menjadi tidak stabil dan gampang jatus.

ACL adalah ligamen penting untuk menyetabilkan sendi lutut. Jika ligamen ini putus, lutut jadi tidak stabil dan gampang jatuh.

Penanganan dari putus ligamen ACL adalah operasi – ACL reconstruction. Operasi ini biasa dilakukan dengan menggunakan ligament dari hamstring untuk mengganti ligamen ACL yang putus. Setelah melakukan post-operative rehabilitasi, lutut bisa berfungsi secara normal kembali.

Putus Ligamen ACL di Lutut

Dr Tony Setiobudi adalah spesialis bedah tulang dan super-spesialis bedah tulang belakang di Mount Elizabeth Hospital (Orchard), Singapore. Dr Tony menangani masalah tulang, sendi, saraf, otot dan ligamen pada orang dewasa dan anak. Dr Tony mempunyai keahlian khusus dalam penanganan saraf terjepit (HNP & spinal stenosis) & masalah tulang belakang seperti nyeri punggung & leher, scoliosis, postur bungkuk (kyphosis), tumor & infeksi tulang belakang, cedera saraf besar (spinal cord) & patah tulang osteoporosis.