By Dr Tony Setiobudi BMedSci, MBBS, MRCS, MMed (Ortho), FRCS (Ortho)

Trigger Finger

Ibu Indah mengeluh sakit di telapak tangan jari manis selama 3 bulan. Jari manis tidak bisa diluruskan dengan sendirinya setelah ditekuk.

Ini adalah keluhan “Trigger Finger”. Hal ini terjadi karena tendon ada radang dan bengkak. Secara normal, tendon ini masuk keluar tunnel saat jari ditekuk dan diluruskan. Karena bengkak, tendon tidak bisa keluar masuk tunnel secara leluasa. Ini menyebabkan trigger finger.

Bagaimana penanganan dari Trigger Finger?

  1. Kasus yang tidak parah bisa ditangani dengan obat anti radang dan injeksi steroid
  2. Kasus yang parah dapat ditangani secara efektif dengan operasi.

Apa yang terjadi jika trigger finger dibiarkan berlarut-larut?

Jika jari tidak dapat diluruskan dalam jangka waktu yang lama, persendian di jari akan bengkok secara permanen.

Apa yang dilakukan saat operasi?

Tunnel dibuka supaya tendon dapat keluar masuk secara leluasa. Operasi ini dilakukan dengan bius lokal. Pasien tidak perlu menginap di rumah sakit dan bisa langsung pulang.

 

Trigger Finger

Dr Tony Setiobudi adalah spesialis bedah tulang dan super-spesialis bedah tulang belakang di Mount Elizabeth Hospital (Orchard), Singapore. Dr Tony menangani masalah tulang, sendi, saraf, otot dan ligamen pada orang dewasa dan anak. Dr Tony mempunyai keahlian khusus dalam penanganan saraf terjepit (HNP & spinal stenosis) & masalah tulang belakang seperti nyeri punggung & leher, scoliosis, postur bungkuk (kyphosis), tumor & infeksi tulang belakang, cedera saraf besar (spinal cord) & patah tulang osteoporosis.