By Dr Tony Setiobudi BMedSci, MBBS, MRCS, MMed (Ortho), FRCS (Ortho)

Operasi Dini Untuk Saraf Terjepit Akibat Kanker Tulang Belakang Memberikan Hasil Yang Lebih Baik

Actor Dan Haggerty meninggal dunia setelah berjuang lama dengan kanker tulang belakang yang dideritanya pada bulan Januari 2016.

Kanker tulang belakang jarang berasal dari tulang belakang itu sendiri. Sebagian besar hal ini terjadi karena penyebaran kanker dari bagian tubuh lain. Penyebaran sel kanker ke tulang belakang itu sering terjadi. Tulang belakang adalah tempat paling sering urutan ke 3 dimana sel kanker menyebar setelah paru-paru dan hati. Jika kanker tulang belakang menekan spinal cord (saraf utama di tulang belakang), fungsi saraf dapat menurun secara cepat yang dapat mengakibatkan kelumpuhan.

Kanker tulang belakang lebih sering terjadi pada orang yang berusia di atas 40 tahun. Nyeri pada punggung dan leher adalah gejala pertama dari kanker tulang belakang. Jika anda berumur 40 tahun ke atas dan mengeluh sakit punggung atau sakit leher yang berkepanjangan, anda perlu periksa ke dokter untuk memastikan rasa sakit ini tidak disebabkan oleh kanker tulang belakang.

Biasanya, kelumpuhan akibat kanker tulang belakang tidak terjadi secara tiba-tiba tetapi hal ini berkembang dengan cepat dalam waktu beberapa hari atau beberapa minggu. Gejala lainnya sebelum kelumpuhan terjadi yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut:

Jika anda mengalami gejala-gejala tersebut di atas, anda perlu periksa ke dokter

Ketika kanker tulang belakang dan penekanan saraf tulang belakang terdeteksi, operasi untuk mengeluarkan kanker dan membebaskan saraf harus dilakukan sedini mungkin dalam waktu 48 jam untuk memberikan hasil yang lebih baik menurut artikel medis yang ditulis oleh Quraishi di European Spine Journal.

Jangan menunggu sampai fungsi saraf memburuk sebelum mendapatkan penanganan medis. Ada kanker yang berkembang secara pesat, ada yang secara lambat. Diagnosa dan penanganan dini termasuk operasi memberikan kesempatan hidup yang jauh lebih tinggi, masa penyembuhan yang lebih cepat dan hasil yang lebih baik. Ketika tanda dan gejala-gejala tersebutkan diatas diabaikan, kankernya akan ditemukan dalam kondisi yang lebih buruk. Jika kelumpuhan sudah terjadi, kesempatan untuk pulih dengan operasi menurun secara signifikan.

Operasi Dini Untuk Saraf Terjepit Akibat Kanker Tulang Belakang Memberikan Hasil Yang Lebih Baik

Dr Tony Setiobudi adalah spesialis bedah tulang dan super-spesialis bedah tulang belakang di Mount Elizabeth Hospital (Orchard), Singapore. Dr Tony menangani masalah tulang, sendi, saraf, otot dan ligamen pada orang dewasa dan anak. Dr Tony mempunyai keahlian khusus dalam penanganan saraf terjepit (HNP & spinal stenosis) & masalah tulang belakang seperti nyeri punggung & leher, scoliosis, postur bungkuk (kyphosis), tumor & infeksi tulang belakang, cedera saraf besar (spinal cord) & patah tulang osteoporosis.