Operasi Postur Bungkuk Dapat Menambah Tinggi Badan

Operasi Postur Bungkuk Dapat Menambah Tinggi Badan

By Dr Tony Setiobudi BMedSci, MBBS, MRCS, MMed (Ortho), FRCS (Ortho)

Operasi Postur Bungkuk Dapat Menambah Tinggi Badan

Postur bungkuk adalah masalah medis dan masalah estetika. Orang dengan postur bungkuk sering jatuh karena pandangan ke depan terganggu.

Postur bungkuk bisa disebabkan oleh bermacam-macam masalah medis:

  • Ankylosing spondylitis
  • Scheuermann’s disease
  • Proses penuaan (ageing)
  • Patah tulang belakang
  • TBC tulang belakang.

Postur bungkuk yang disebabakan oleh ankylosing spondylitis, Scheuermann’s disease dan TBC tulang belakang sering kali parah. Karena terlalu parah, sering kali pasien tidak dapat beraktifitas dengan baik. Operasi untuk menegakkan postur bungkuk ini perlu dilakukan. Dengan teknologi modern, operasi tulang belakang untuk menegakkan postur bungkuk menjadi jauh lebih aman.

Postur bungkuk ini memerlukan pemeriksaan yang menyeluruh. Ada beberapa kriteria untuk operasi terutama untuk postur bungkuk yang parah. Operasi dilakukan dengan bius total. Tulang belakang ditegakkan dengan menggunakan rods dan screws. Selain pandangan ke depan lebih normal, setelah postur lebih tegak pasien juga akan lebih tinggi. Secara estetika, pasien juga terlihat lebih tegap dan percaya diri.

Operasi menegakkan postur bungkuk ini lebih baik dilakukan secara dini semasa pasien masih muda dan sehat. Terkadang untuk pasien manula, operasi ini tidak mungkin untuk dilakukan terutama jika pasien menderita banyak penyakit kronis lain seperti diabetes, tekanan darah tinggi, sakit jantung dan lain-lain yang membuat resiko operasi lebih tinggi.

Pasien perlu tinggal di rumah sakit selama 5-7 hari. Setelah operasi pasien dirawat di ICU atau high dependency unit selama 1 malam. 2 hari setelah operasi pasien melakukan fisioterapi untuk berjalan. Setelah operasi, rasa nyeri dihilangkan dengan obat analgesik sehingga pasien tetap merasa nyaman.

 

Operasi Postur Bungkuk Dapat Menambah Tinggi Badan

Dr Tony Setiobudi adalah spesialis bedah tulang dan super-spesialis bedah tulang belakang di Mount Elizabeth Hospital (Orchard), Singapore. Dr Tony menangani masalah tulang, sendi, saraf, otot dan ligamen pada orang dewasa dan anak. Dr Tony mempunyai keahlian khusus dalam penanganan saraf terjepit (HNP & spinal stenosis) & masalah tulang belakang seperti nyeri punggung & leher, scoliosis, postur bungkuk (kyphosis), tumor & infeksi tulang belakang, cedera saraf besar (spinal cord) & patah tulang osteoporosis.

OSTE

PENGAPURAN

Kita sering kali dengar istilah pengapuran. Pengapuran di lutut, pengapuran di tulang belakang, pengapuran di

Vitamin D for Bones

By Dr Tony Setiobudi BMedSci, MBBS, MRCS, MMed (Ortho), FRCS (Ortho) How Vitamin D Keeps Your Bones

Top 3 Food for Bone Health

By Dr Tony Setiobudi BMedSci, MBBS, MRCS, MMed (Ortho), FRCS (Ortho) Osteporosis is a disease in which

Take Control of Your Knee Pain

By Dr Tony Setiobudi BMedSci, MBBS, MRCS, MMed (Ortho), FRCS (Ortho) The knee is the joint connecting

Don’t wait for your new healthy life