By Dr Tony Setiobudi BMedSci, MBBS, MRCS, MMed (Ortho), FRCS (Ortho)
Sakit Pinggang Yang Tidak Boleh Diabaikan...

Sakit pinggang adalah keluhan yang paling sering dikeluhkan oleh pasien ke dokter. Sebagian besar sakit pinggang tidak berbahaya. Kadang-kadang bisa sembuh sendiri jika disebabkan oleh masalah otot. Tetapi sakit pinggang ada juga yang tidak boleh diabaikan. Kadang-kadang memerlukan obat dan fisioterapi. Sakit pinggang yang disebabkan oleh proses penuaan juga tidak berbahaya tapi jarang sekali yang sembuh 100%.

Ciri- ciri sakit pinggang yang tidak boleh diabaikan

Jika sakit pinggang disebabkan oleh tumor atau infeksi ini berbahaya dan tidak boleh diabaikan. Karena sebagaian besar sakit pinggang tidak berbahaya, ciri-ciri apa yang perlu diperhatikan supaya kita lebih waspada terhadap hal-hal yang berbahaya?

Diagnosis

Jika anda mengalami sakit pinggang yang disertai dengan hal-hal di atas, anda harus segera periksa ke dokter, melakukan MRI scan dan Xray untuk mengetahui apa penyebabnya. Diagnosis yang akurat adalah dasar dari penanganan yang tepat.

Treatments

Jika sakit pinggang disebabkan oleh tumor di tulang belakang, tumor ini bisa disembuhkan dengan operasi jika terdeteksi pada tahap awal. Tapi sering kali tumor di tulang belakang ini terdeteksi pada tahap yang sudah parah. Oleh karena itu penting sekali untuk tidak mengabaikan sakit pinggang dan ciri-ciri yang berbahaya.

Jika ada pertanyaan atau ingin membuat appointment, anda bisa kontak Spring Hope Orthopaedic Clinic dengan:

Sakit Pinggang Yang Tidak Boleh Diabaikan...

Dr Tony Setiobudi adalah spesialis bedah tulang dan super-spesialis bedah tulang belakang di Mount Elizabeth Hospital (Orchard)Singapore. Dr Tony Setiobudi menangani masalah tulang, sendi, saraf, otot dan ligamen pada orang dewasa dan anak. Beliau mempunyai keahlian khusus dalam penanganan saraf terjepit (HNP & spinal stenosis) & masalah tulang belakang seperti nyeri punggung & leher, scoliosis, postur bungkuk (kyphosis), tumor & infeksi tulang belakang, cedera saraf besar (spinal cord) & patah tulang osteoporosis.