By Dr Tony Setiobudi BMedSci, MBBS, MRCS, MMed (Ortho), FRCS (Ortho)

Bagi yang mengalami patah tulang di tulang belakang akibat osteoporosis dan rasa nyeri luar biasa sehingga anda tidak bisa duduk, berdiri atau berjalan, anda perlu tahu tentang Vertebroplasty.

Patah tulang belakang sering kali menimbulkan rasa sakit yang luar biasa. Rasa sakit ini membuat pasien tidak bisa duduk bahkan bergerak di tempat tidur pun susah. Jika pasien manula tidak berjalan dalam waktu beberapa hari, kekuatan otot akan berkurang secara drastis akhirnya pasien tidak bisa berjalan.

Untuk menghindari immobilitas yang berkepanjangan, tulang yang patah perlu dikuatkan dengan injeksi cement (Vertebroplasty). Ini adalah operasi kecil yang dapat dilakukan dengan bius total. Setelah injeksi cement, tulang ini akan menguat dalam beberapa menit dan menjadi stabil. Rasa nyeri akan berkurang banyak dan dalam waktu beberapa jam setelah operasi pasien bisa duduk bahkan berjalan dengan nyaman. 

 

Vertebroplasty - Injeksi Cement di Tulang Belakang

Dr Tony Setiobudi adalah spesialis bedah tulang dan super-spesialis bedah tulang belakang di Mount Elizabeth Hospital (Orchard), Singapore. Dr Tony menangani masalah tulang, sendi, saraf, otot dan ligamen pada orang dewasa dan anak. Dr Tony mempunyai keahlian khusus dalam penanganan saraf terjepit (HNP & spinal stenosis) & masalah tulang belakang seperti nyeri punggung & leher, scoliosis, postur bungkuk (kyphosis), tumor & infeksi tulang belakang, cedera saraf besar (spinal cord) & patah tulang osteoporosis.