By Dr Tony Setiobudi BMedSci, MBBS, MRCS, MMed (Ortho), FRCS (Ortho)

Scoliosis Pada Anak-Anak | Adolescent Idiopathic Scoliosis

Scoliosis sering sekali terjadi pada anak-anak perempuan sekitar umur 10. Penyebabnya tidak diketahui. Penyakit ini dinamakan Adolescent Idiopathic Scoliosis. Tulang belakang miring ke samping.

Sering kali hal ini mengakibatkan asymmetry di postur tubuh. Misalnya bahu sebelah lebih tinggi. Pinggul lebih menonjol sebelah. Ini adalah tanda-tanda Scoliosis.

Scoliosis sering kali memburuk waktu pertumbuhan. Penanganan scoliosis secara dini penting untuk menghambat perkembangan dari scoliosis ini. Terkadang anak perlu memakai brace yang dikenal dengan Boston Brace. Scoliosis ini perlu dimonitor dengan ketat.

Jika scoliosis sudah mencapai sekitar 50 derajat, maka operasi perlu dilakukan. Ini tergolong scoliosis yang parah. Jika tidak ditangani dengan operasi, scoliosis ini akan tambah buruk. Scoliosis yang sangat parah memerlukan operasi yang lebih besar.

Jadi penting sekali untuk mendeteksi dan menangani scoliosis secara dini.

Jika ada yang perlu ditanyakan, anda dapat menghubungi kami di orthopaedic@spring-hope.com

 

Scoliosis Pada Anak-Anak | Adolescent Idiopathic Scoliosis

Dr Tony Setiobudi adalah spesialis bedah tulang dan super-spesialis bedah tulang belakang di Mount Elizabeth Hospital (Orchard), Singapore. Dr Tony menangani masalah tulang, sendi, saraf, otot dan ligamen pada orang dewasa dan anak. Dr Tony mempunyai keahlian khusus dalam penanganan saraf terjepit (HNP & spinal stenosis) & masalah tulang belakang seperti nyeri punggung & leher, scoliosis, postur bungkuk (kyphosis), tumor & infeksi tulang belakang, cedera saraf besar (spinal cord) & patah tulang osteoporosis.