By Dr Tony Setiobudi BMedSci, MBBS, MRCS, MMed (Ortho), FRCS (Ortho)

Tennis Elbow

Apakah tennis elbow?

Tennis elbow adalah suatu kondisi di mana pembengkakan tendon menyebabkan rasa sakit di bagian luar siku atau lengan. Itu terjadi ketika terjadi kerusakan pada tendon yang menghubungkan otot-otot lengan bawah ke siku. Rasa sakit bisa menjalar dari lengan ke pergelangan tangan dan kadang juga kelemahan di tangan. Tennis elbow yang secara medis dikenal dengan lateral epiconylitis. Tennis elbow dapat terjadi pada siapa saja, tennis elbow lebih beresiko terjadi pada orang antara usia 30 dan 50 tahun.

Gejala

Gejala-gejala tennis elbow berkembang dari waktu ke waktu. Pada tahap awal, nyeri pada saat melakukan aktivitas dan cepat hilang dengan istirahat, namun, seiring perkembangannya, rasa sakit mungkin lebih konstan dan berlangsung lebih lama. Tanda dan gejala umum dari tennis elbow meliputi:

Penyebab

Penggunaan berulang dan penggunaan otot di sekitar siku secara berlebihan adalah penyebab utama terjadinya tennis elbow. Di mana anda memutar atau meregangkan pergelangan tangan dan tangan berulang-ulang akan menekan tendon, menyebabkan robekan kecil yang pada waktunya menyebabkan rasa sakit. Tennis elbow umum terjadi pada pemain tenis, tetapi tidak terbatas pada pemain tenis, kebanyakan orang mendapatkannya dari aktivitas lain yang melatih otot yang sama, seperti berkebun, melukis, kegiatan pertukangan seperti memukul palu, memutar obeng, dan mengetik.

Perawatan

Perawatan tennis elbow melibatkan metode non-bedah dan bedah. Sekitar 80-95% pasien berhasil dengan pengobatan non-bedah.

Perawatan non-bedah:

Perawatan bedah

Dokter dapat merekomendasikan operasi jika semua metode pengobatan di atas tidak berhasil meredakan gejala sakit. Pada tindakan operasi, tendon yang mengalami kerusakan akan diangkat dan dibuang dan tendon yang tersisa diperbaiki posisi dan kondisinya.

Karena tennis elbow adalah kondisi progresif yang umumnya tidak sembuh dengan sendirinya. Karena itu, disarankan untuk mencari pengobatan lebih cepat daripada terlambat, karena pemulihan jauh lebih cepat jika dimulai sejak dini.

Tennis Elbow

Dr Tony Setiobudi adalah spesialis bedah tulang dan super-spesialis bedah tulang belakang di Mount Elizabeth Hospital (Orchard), Singapore. Dr Tony menangani masalah tulang, sendi, saraf, otot dan ligamen pada orang dewasa dan anak. Dr Tony mempunyai keahlian khusus dalam penanganan saraf terjepit (HNP & spinal stenosis) & masalah tulang belakang seperti nyeri punggung & leher, scoliosis, postur bungkuk (kyphosis), tumor & infeksi tulang belakang, cedera saraf besar (spinal cord) & patah tulang osteoporosis.